Tips Tampil Stylish untuk Pria Saat Perjalanan Bisnis

14:31

Halo! Kali ini postingan blog aku sedikit beda. Ada bahasan tentang fashion pria yang nggak tanggung-tanggung langsung ditulis oleh pakar fashion pria. Guest dalam post ini adalah Mas Andhika Diskartes yang juga seorang blogger. Blognya fokus pada topik tentang finance. Meski begitu Mas Dhika juga merupakan men's style editor di The Fashion for Men. Multi talenta banget ya, balance gitu otak kiri dan kanannya. 

Pria identik dengan "kerja." Apakah ia seorang pengusaha, pejabat, seseorang di posisi penting pada perusahaan atau pegawai biasa macam saya, tentu pernah diharuskan melakukan perjalanan terkait pekerjaan. Entah itu sekedar ke luar kota atau bahkan ke luar negeri, perjalanan bisnis ini kadang cukup memusingkan. Kalau saya sih sering bingung mau bawa tas dan sepatu berapa. Bisa nggak sih bawa satu aja? Saya jadi penasaran nih gimana kaum pria mempersiapkan perjalanan dinas atau bisnis. Bakalan seribet kaum hawa nggak ya dalam menentukan fashion item yang akan dibawa? Yuk mari kita simak tips tampil stylish untuk pria saat perjalanan bisnis dari Mas Dhika.
                                                                                                                                                                   

Assalamualaykum pembaca blog Nia,

Ini pertama kalinya saya menulis di tengah kerumunan para pembaca wanita. Well, semoga bisa bermanfaat untuk suami, rekan, atau siapapun. Jika Anda cowok, maka baca sampai habis biar tetap keren ketika sedang tugas ke luar kota. Siapa tau bisa ngegaet gadis-gadis di luar sana!

Salah satu kelemahan ketika bekerja di sebuah instansi pemerintahan yang stabil atau organisasi bisnis yang kecil biasanya masalah penampilan dianggap angin lalu, cenderung untuk dinomorduakan. Bisa dipahami sih, karena tanpa style yang keren pun pekerjaan utama organisasi tersebut bisa tercapai.

Saya merupakan bagian dari lingkungan itu. Jadi ketika melakukan eksperimen dengan mengubah style saat melakukan perjalanan dinas, maka akan muncul reaksi-reaksi yang sudah diperkirakan seperti:
ngapain sih lo pake jas, panas dan bikin repot
kok lo pake tas di tenteng-tenteng, kaya dokter aja
dan masih buanyaak lagi.

Jangan khawatir! Tampil asik untuk diri sendiri itu nggak ada salahnya. Peduli penampilan merupakan wujud apresiasi atau rasa syukur karena dititipkan tubuh yang baik dan sehat dari Tuhan. Rumah atau mobil aja selalu dibuat dengan material penutup terbaik, kok malah badan kita ditutupin dengan ala kadarnya.

Untuk bisa tampil stylish nggak harus boros. Karena saya juga seorang blogger investasi, maka saya mengajak Anda untuk menyisihkan 10% perbulan untuk dialokasikan sebagai wujud penghargaan pada diri sendiri. Salah satunya dengan membeli fashion item yang memang akan kita butuhkan dan kita suka. 

Saya juga meyakini bahwa banyak di antara Anda adalah orang-orang penting yang sering melakukan business trip baik ke pelosok Indonesia atau ke luar negeri. Percayalah, ketika bisa menampilkan sosok terbaik diri sendiri, partner di tempat tujuan akan terpukau dan mempermudah perjalanan bisnis Anda.

Bagaimana Agar Pria Tetap Stylish Ketika Perjalanan Bisnis?

1.      Sport Coat atau Jaket

Yang namanya perjalanan bisnis pasti menggunakan kendaraan dong, let’s say pesawat atau kereta api deh yang paling umum. Nah di dalam pasti dingin, jadi mau nggak mau Anda pasti akan siapin pakaian pelapis. Ada dua jenis yang bisa Anda gunakan, yaitu sport coat dan jaket.

Sport coat itu sejenis jas, tapi dia lebih kasual, sering juga disebut sebagai blazer buat cowok. Warna yang ditampilkan sangat bervariasi, tapi lebih aman jika menggunakan warna krem, abu-abu, atau dark blue.
Sport Coat. Source: nordstorm
Jika Anda masih belum cukup PD menggunakan sport coat (padahal Anda akan kelihatan keren banget), maka carilah jaket yang pas!

Jangan pernah memilih jaket yang panjangnya melebihi ukuran tangan, itu akan membuat lengan jaket berkerut dan bisa dipastikan panjang jaket akan sangat melewati batas ikat pinggang.

Tau efeknya?

Anda akan terlihat lebih tua daripada umur yang seharusnya. Okay, saya bukan dokter anti aging, tapi gadis-gadis di sebelah saya yang bilang demikian, kawan!

2.      Duffle bag

Mau ditaruh dimana baju Anda?
Duffle Bag
Untuk perjalanan bisnis yang tidak memakan waktu lebih dari 3 hari, tas duffel atau duffle bag adalah pilihan terbaik. Ketika membeli tas duffel, usahakan untuk mencari yang berbahan kulit atau sintetis. Selain tampilannya keren, juga sangat bagus menjaga bagian dalam tas dari risiko basah terkena air.

Bagaimana dengan warna yang bagus? Untuk warna, paling tidak Anda memiliki warna standar seperti hitam dan coklat gelap. Kedua warna ini cocok dipadukan dengan bahan kulit lainnya sesuai warna sepatu atau belt.

3.      Sepatu

Pantofel sudah biasa dong ya, mau coba yang lebih asik? Berapapun usia Anda, nggak ada salahnya nyobain leather boots, tapi jangan yang terlalu tinggi ya. Selain lebih asik, style ini juga membuat Anda nampak lebih maskulin.

Kalau mau bergaya lebih simple, pilihan akan jatuh pada sepatu loafer. Aturannya sederhana, jika mau menggunakan sepatu ini, cari kaos kaki loafer, yang hanya membungkus telapak kaki. Atau orang sering bilang invisible socks.
Salah satu style sepatu loafer favorit saya adalah yang berbahan kulit dan dianyam. Memang kalau mau beli yang berkualitas wahid seperti dari rumah moda Bottega Veneta, akan menguras kocek cukup dalam. Untungnya saat ini banyak brand mengadopsi style serupa yang mengadopsi gaya kulit anyam.

4.      Parfum

Nggak mau dong ya, orang di sebelah menutup hidung karena bau badan Anda. Akan lebih baik jika selalu sedia parfum di tas duffel dan mengenakannya sebelum berangkat.

Bagaimana cara memilih parfum yang cocok?

Ingatlah untuk selalu menghindari aroma buah! Sebagai seorang pria maskulin, carilah aroma-aroma yang menunjukkan jati diri Anda. Tidak perlu  yang berisi feromon, cukup parfum standar tapi soft.

Kawan-kawan semua, sebenarnya 4 point tadi bisa dibilang “peralatan tambahan” untuk Anda agar tetap tampil oke ketika perjalanan bisnis. Sengaja tidak dimasukkan cara mengenakan kemeja atau celana, karena memang pada dasarnya tidak perlu trik yang macam-macam dalam dasar berbusana terlebih saat bepergian.

Ada suatu quote legendaris dari Coco Chanel, begini bunyinya

“ Simplicity is the key of all true elegance”

Wassalamualaykum para pembaca blog Nia
Penasaran dengan wujud Mas Dhika? Nah ini dia foto OOTD stylish saat perjalanan dinas ala Andhika Diskartes :D
Biografi penulis:

Andhika Diskartes,
Men’s style editor at The Fashion For Men, dedicated to men’s fashion, lifestyle, grooming, even etiquette. Connect me at instagram!
                                                                                                                                                                  
Gimana tips-tips dari Mas Dhika tadi? Nggak ada yang ribet kan? Prinsipnya satu aliran sama saya nih, yang penting punya basic fashion item yang cocok untuk kita kenakan. Punya satu saja sudah cukup.  

Item-item yang disarankan Mas Dhika untuk menunjang penampilan saat perjalanan bisnis ini bisa kita jadikan ide kalau bingung mau memberikan kado apa untuk para pria yang ada di lingkungan terdekat kita. Entah itu ayah, suami, pacar atau hanya sekedar teman. Mereka pasti akan suka jika diberi hadiah yang bisa bikin mereka tampil stylish. 

Tunggu dulu, meski mungkin mereka-mereka yang akan kita belikan kado ngakunya nggak fashionable atau nggak stylish, kalau kita belikan basic item kece seperti sport coat/ jacket, duffle bag, pantofel atau bahkan loafer dan parfum pasti bakal senang dan dijamin bakal terpakai asal modelnya tidak terlalu ribet. Fashion pria lebih mengutamakan manfaat dan kenyamanan si pemakai.
Untuk para pria yang membaca blog ini gimana nih setuju nggak sama tips-tips Mas Dhika? Lumayan simple ya ternyata untuk bisa stylish saat perjalanan bisnis? Tampil rapi dan stylish tentu sangat diperlukan dalam perjalanan bisnis. Biasanya urusan akan lebih mudah dan lancar ketika kolega yang bertemu kita langsung sreg saat melihat kita pada first impression.

Jangan lupa tips Mas Dhika tentang spending money untuk kebutuhan kebutuhan sendiri sebaiknya 10% saja ya dari penghasilan. Pakaian yang berkualitas dan everlasting merupakan salah satu wujud investasi lho. Tapi jangan dijadikan alasan untuk berbelanja kebutuhan fashion secara berlebihan ya. Ingat, 10% saja sudah cukup. Kalau mau tahu lebih banyak tentang tips investasi, silakan mampir ke blognya Mas Dhika di diskartes.com.

You Might Also Like

35 komentar

  1. Kece !!! udah tau deh kudu beli apa besok ;)

    Hai Mas Dhika, salam kenal (kayak mas dhika baca aja) asyik dan seru tips nya pun bisa diaplikasikan sama gie yang cewe ini....kece deh pokoke *cap jempol*

    ReplyDelete
    Replies
    1. Hai Anggi,,

      semoga membantu dan salam kenal ya (aku baca nih)
      Thanks loh buat apresiasinya

      Delete
    2. Hahaha, Mas Dhika langsung dipuji nih Mas :D

      Delete
  2. Hmmmm.... Duffle bagnya keceh beli dimana? hhihihihi Btw suami aku jarang pake coat atau jaket kl perjalanan bisnis, katanya refot hahaha.. #salahkansuami

    ReplyDelete
    Replies
    1. Kalau di Jakarta banyak store yang jual dan bagus..
      Zara harganya cukup reasonable. Tapi kalo yang lebih mahal dan modelnya bervariasi juga banyak..
      Merk seperti Bally dan Bottega Veneta memberi kualitas yang oke..

      Delete
  3. Hihihi. Kereeen guest postnya. Sukaaaak. Ini tipsnya gw juga terapkan. Hihihi.

    ReplyDelete
    Replies
    1. Cak Dan..
      Wkwkwkw,, thanks lhoh..refreshing biar ga nulis finance terus

      Delete
    2. Mas Dani ayo berbagi tips finansial tentang alokasi dana untuk fashion atau sejenis itu. Boleh guest post juga lho. Btw, aku belum jadi2 guest post ke tempat Mas Dani :D

      Mas Dika refreshingnya produktif ya jadi tulisan :D

      Delete
  4. Hana baru tahu istilah duffle bag :D makasih tipsnya Nia :)

    ReplyDelete
    Replies
    1. Sama2 Hana, aku jg baru tau. Haha. Mas Dika lebih fesyenable nih :D

      Delete
  5. berarti gue mendingan beli tas bottega aja ya, kan investasi juga *kemudian keselek tagihan les anak*

    ReplyDelete
    Replies
    1. Gapapa Mah, sekalian ama sepatu bottega yes :D

      Delete
  6. setuju dah, parfum nya jangan aroma buaaaah

    ReplyDelete
    Replies
    1. Haha bikin ilfil kayak cewe ya Ir klo buah? :p

      Delete
  7. Aku suka kalau liat cowok pake loafer,meski jarang siiih. Suka naksir sama loafernya Tod's buat ce/co hihi thanks referensinya Nia dan mas Dhika :D

    ReplyDelete
    Replies
    1. Sama2 Retno, aku suka jg pake loafer :D

      Delete
  8. Uwoow mas Andhika di mari :D hehehe
    Tapi jujur nih ya, pria pake sport coat SELALU sukses bikin perempuan melirik, termasuk aku! heheheh
    Tfs tipsnya

    ReplyDelete
    Replies
    1. Wah kenal Mas Dhika ya? Uhuk tipsnya presisi ya berarti :p

      Delete
    2. Halo Mba Ranny..
      Wajib presisi dong Nia,, buat ngegaet cewe..hahaha

      Delete
  9. Assalamualaikum kak, aku suka banget sama tulisan kakak.

    ReplyDelete
  10. Semuanya balik ke selera juga sih ya. Suamiku tipe koper drpd duffle bag. Maklum slain koper kan kudu bawa tas laptop juga yaa.. klo loafer kdg2 sih. Tulisannya bs jd ide u kado yaa

    ReplyDelete
    Replies
    1. Iya Mba sesuai keperluan masing2 ya. Suami Bu Yu yg businessnya serius ya berarti. Lebih preppy gitu pasti. Loafer iya BuYu bakal oke kalo lagi jalan2 ke mall nanti pas adeknya Abang Rafasya udah diajak keluar2 :D

      Delete
  11. eh mas Dikanya keren banget pose OOTDnya.. nice artikel Nia :)

    ReplyDelete
  12. Aku naksir sport coatnyaaaa. Suamiku sih yang naksir. Nyari di ZARA apa Mango selalu ngga pas ukurannya. Bahu dehse lebar, padahal kusuka dia pakai sport coat begitu. *maap jadi curcol nia* hahaha..

    ReplyDelete
    Replies
    1. Padahal brand luar biasanya kepanjangannya di lengan ya Mba, ini suami Mba Lisna malah di bahu yak? Semoga nemu sport coat yang cocok ya Mba :D

      Delete
  13. Ane mah cuma bisa bengong lihat yg kayak Mas Andhika n juga Dani.... tetep fashionable. Hahaha. Secara ane gak suka pake jas dan aksesoris. hehehe. Tapi tips mas Dhika keren. Dan habis buka site fashionnya... emang isinya keren2.

    ReplyDelete
    Replies
    1. Mas Ryan casual chic ya brarti, hehe. Iya web fashionnya kece ya Mas :D

      Delete
    2. Ahaaaiiy..trima kaciii
      jadi tersipu malu..haha
      thanks loh nia dan mas Feb

      Delete
  14. Setuju! Kita mesti punya anggaran buat apresiasi diri sendiri. Entah buat belik baju atau jajan jajan lucuk di cafe. Masak kerja rodi mulu. Hahah :D

    ReplyDelete
    Replies
    1. Kerja rodi juga harus memanjakan diri ya Beb :D

      Delete
  15. wohhhh ada Mas Bro, ciyeee ciyeee ampun ini ahli keuangan plus ahli style juga ternyata

    ReplyDelete

Terima kasih sudah berkunjung, silakan tinggalkan komentar.
Love, Nia :)

Like us on Facebook

Instagram