Menjelajahi Kuliner Batam yang Beragam dan Penuh Kejutan

12:05

Ada dua hal yang membuat Batam terkenal di kalangan wisatawan lokal maupun turis dari negara sekitar. Pertama, karena wisata pantainya yang cukup banyak dan masih alami. Kedua, wisata belanja di Batam sangat menarik karena letaknya yang tidak jauh dari Singapura. Selain itu Batam didukung oleh pelabuhan besar yang menjadi tempat masuk utama barang elektronik ke Indonesia, sehingga Batam dikenal sebagai pusat barang elektronik murah.

Ternyata selain wisata alam dan wisata belanja, Batam juga kaya akan wisata kuliner lho. Ada beberapa kedai atau restoran legendaris yang menyajikan masakan unik dan penuh kejutan. Berikut beberapa rekomendasi yang bisa teman-teman jadikan acuan untuk ekspedisi kuliner, menjelajah rasa aneka kuliner di Batam.

1. Seafood Air Masin


Batam unggul dengan makanan olahan lautnya yang menggoda. Letaknya yang dikelilingi laut, membuat kota ini memiliki banyak pilihan restoran seafood. Dari sekian banyak restoran yang ada, Seafood Air Masin merupakan pilihan terbaik dengan hidangannya yang berkelas. Kamu bisa memesan aneka olahan hasil laut seperti cumi, bawal, udang, dan kepiting.
Menu andalan dari restoran ini adalah olahan kepiting bumbu merah yang pedas dan cocok ditemani nasi hangat. Tertarik? Silakan datang ke Jalan Balerang, Jembatan Dua, Pulau Setokok, Bulang. 

2. Sup Ikan Yong Kee

Selain dimasak dengan bumbu pedas, hasil laut juga bisa dibuat menjadi sup yang segar dan menyehatkan. Di kedai Yong Kee, teman-teman bisa mendapatkan olahan ikan sejenis tenggiri yang dimasak dengan aneka sayuran. Sup ini bisa dimakan langsung atau disantap bersama nasi hangat.
Selain dikenal dengan olahan sup ikan, kedai yang terletak di Jalan Engku Putri ini juga punya olahan seafood andalan, terutama udang dan cumi-cumi. Mereka selalu menjaga kesegaran bahan makanan yang disajikan, sehingga rasanya selalu istimewa.

3. Restoran SAKA

Bosan dengan aneka menu ikan? Selain hidangan ikan yang sudah menjadi ikon dari Batam, masih ada aneka kuliner unik dan menarik lainnya yang bisa dijadikan pilihan. Cobain deh sup tulang yang sangat gurih dari Restoran Saka. Perpaduan bumbu dan tulang muda yang bisa dimakan membuat siapa saja rela antre selama berjam-jam untuk menyantap sup tulang di sini.
Restoran SAKA berlokasi di Jalan Raja Isa. Selain olahan sup ikan yang menjadi menu utama, di resto ini juga tersedia aneka olahan ayam, rawon, dan nasi goreng istimewa.

4. Lesehan Mitra Mall Batam

Selain kuliner yang dijual di dalam kedai atau restoran, Batam juga memiliki pusat kuliner lesehan. Di dekat Mitra Mall Batam, teman-teman bisa menemukan deretan pedagang kaki lima yang menyediakan aneka kuliner asli Batam. Dari seafood hingga aneka daging seperti sapi, bebek, dan ayam, semua ada di sini.
Kawasan ini selalu ramai dikunjungi setiap hari, lebih ramai lagi di akhir pekan. Jika teman-teman ingin berburu aneka jenis kuliner Batam yang harganya cukup miring, di sinilah pilihan tempat yang tepat.

Nah, itu tadi empat tempat rekomendasi kuliner nikmat yang ada di Batam. Kalau teman-teman sedang ke Batam sambil berwisata kuliner, ada baiknya menghemat budget penginapan. Supaya lebih banyak alokasi dana untuk jajan, hehe. Nah, ada banyak hotel murah di Batam yang siap menampung teman-teman, salah satunya penyedia akomodasi terbesar dalam jaringan Airy Rooms.
Meski memilih menginap di jaringan penyedia akomodasi murah, teman-teman tidak perlu khawatir tentang fasilitas. Masing-masing kamar hotel sudah dijamin standarnya. Ada AC, internet nirkabel, kasur bersih, shower air hangat, perlengkapan mandi, air mineral, dan televisi layar datar.

Selain fasilitas yang mewah, cara memesan dan membayarnya juga gampang. Cukup menggunakan aplikasi di ponsel Android atau Apple, hotel bisa dipesan dalam hitungan menit. Selanjutnya pembayaran bisa dilakukan dengan transfer bank atau menggunakan kartu kredit. Mudah sekali, bukan? Jadi, kapan nih berencana menjelajahi Batam? 

You Might Also Like

8 komentar

  1. Batam dan Kepri, memang identik dengan seafoodnya. Yang khas tentu saja adalah Gong Gong. Etapi, di sana ada satu warung Sunda yang ramai sekali, Warung Bu Joko namanya. Murah meriah, enak :)

    ReplyDelete
    Replies
    1. Iya gonggong enak banget ya di Kepri, aku paling suka makan gongong di bintan. Siap noted warung sunda dan warung bu jokonya, thanks referensinya :D

      Delete
  2. Aaaaa kusuka kepiting,,,nasi uduk mana nasi uduk

    ReplyDelete
    Replies
    1. Nikmatnya piting ama nasi uduk, apalagi dengan sambel super pedas :D

      Delete
  3. Lesehannya lucu banget. Makan sambil sunsetan asik itu yah.

    ReplyDelete
    Replies
    1. Iya, enaknya di luar jawa gitu, banyak tempat makan pinggir laut :D

      Delete
  4. Sop ikan bataaaaam.. ke batam dulu cuma sebentar, cuma ke proyek, eaaaa.. next time lanjalan deh,hihi.

    ReplyDelete
    Replies
    1. Otak2, gonggong juga cucok Mba :D

      Delete

Terima kasih sudah berkunjung, silakan tinggalkan komentar.
Love, Nia :)

Like us on Facebook

Instagram