Tips Memilih Sling Bag

23:30

Halo! Selamat Tahun Baru 2018! Tahun baru semoga semangatnya juga baru ya. Mau buka cerita dulu nih, beberapa waktu lalu saya nulis post tentang 3 alasan memilih backpack kan yah. Ternyata lumayan seru. Jadi biar adil, saya mau bahas juga tetang jenis tas yang juga sering saya pakai selain backpack, yakni sling bag atau tas selempang. Tapi bahasannya lebih fokus tentang tas selempang untuk wanita. Udah pada tau kan yah sling bag/tas selempang itu yang gimana? Tas selempang cirinya punya strap dan tali panjang yang bikin mudah banget dipakai.
Sling Bag dengan strap kecil, jangan dipakai untuk bawa yang berat-berat ya :D
Saya biasa pakai sling bag kalau ke event blogger atau travelling. Yang penting muat kamera, dompet, dan smartphone. Kalau travelling saya biasa bawa sling bag yang bisa dilipat dan saya taruh di dalam backpack. Jadi pas jalan-jalan, backpacknya saya tinggal di tempat menginap atau dititipkan. Sling bag saya pakai buat ngider supaya nggak gampang capek dan yang paling penting supaya fotogenic. Kalau kaku banget pas difoto, udah andalan banget deh pose megang tas selempang. 

Selain itu tas selempang ini bisa bikin kita kelihatan feminim dibanding pakai ransel. Warna, motif, juga model sling bag alias tas selempang ini selalu fashionable, rasanya cocok dipakai buat ke mana aja. Ukurannya yang kecil bikin style kita jadi casual. Makanya saya sering memilih sling bag kalau bepergian. 

Jenis-Jenis Bahan Sling Bag/ Tas Selempang

Mayoritas tas selempang yang ada di pasaran bahannya dari denim, kanvas, dan kulit. Biasanya denim dipakai anak muda karena emang kesannya lebih chic gitu. 

Kalau bahan kanvas tentu saja kelebihannya kuat dan lentur. Tas selempang berbahan kanvas yang sekarang lagi trend sepertinya messenger bag karena muat banyak. Model etnik dan serut juga banyak yang pakai.

Terakhir, bahan kulit. Ini yang paling awet dan paling banyak pilihannya. Kesannya yang classy bikin material ini banyak digemari. Tapi harus hati-hati juga nih perawatannya, jangan sampai berjamur supaya nggak cepat rusak. 
Sling Bag nyaman dengan strap lebar :D


Tips Memilih Tas Selempang yang Nyaman

Teman-teman ada yang udah punya atau udah sering pakai sling bag tapi sering ngerasa pegel? Kenyamanan emang faktor paling utama dalam memilih barang. Dari beberapa referensi, sebaiknya perhatiin beberapa hal berikut ini sebelum beli sling bag atau tas selempang supaya nyaman di pundak kita:
  • Pilih strap atau tali yang lebar. Tali atau strap kecil  bisa bikin pundak cepat pegal karena tekanan cuma fokus di satu titik. Tali ukuran lebih besar bisa membagi tekanan ke segala arah.
  • Sering-sering ditukar dari pundak kiri ke kanan atau sebaliknya supaya nggak pegal di satu sisi saja. 
  • Atur panjang strap/tali. Tali terlalu panjang bikin tas lebih sering keayun-ayun. Tas selempangnya jadi terasa lebih berat dan pundak bakalan cepet pegel kalau kepanjangan.
  • Hindari membawa barang berlebihan karena bisa menyebabkan pegal juga dapat mengakibatkan tendinitis. Jika barang bawaan banyak, sebaiknya sebagian ditenteng saja. Karena fungsi sling bag kan memang untuk bawa printilan yang kecil aja, ya kan?
  • Coba posisikan tas selempang di depan, ini bisa meminimalkan ayunan. Jadi tulang punggung nggak gampang capek.

Cara Merawat Sling Bag/ Tas Selempang

Saya emang sering ngerusakin hp (kayak di postingan sebelum ini, hehe), tapi soal tas, saya bisa awet pakainya lho. Supaya teman-teman bisa ikutan punya tas yang awet, saya sudah mengumpulkan beberapa referensi yang bisa kita terapkan nih:
  • Pakai strap sepanjang pinggang supaya kalau tasnya berayun nggak terlalu gede bebannya, makin panjang strap, makin berat. Selain bikin tas awet dan nggak gampang capek, strap di pinggang juga bikin tinggi badan kita jadi kelihatan lebih proporsional. Katanya sih gitu, tapi saya rasa ini bener banget. 
  • Rawat dengan benar sesuai bahan tas. Kalau dari bahan kulit, pakai pembersih khusus kulit. Jangan sering-sering kena paparan sinar matahari langsung. Untuk tas kain atau kanvas, cuci sesuai dengan petunjuk yang diberikan.
  • Segera lap dengan lap lembut saat basah karena hujan atau terkena air. Intinya kalau tas selempangnya basah, segera keringkan. Supaya nggak gampang berjamur dan bahannya juga nggak rusak.
  • Jangan menyimpan tas dengan menumpuknya agar bentuk dan teksturnya tetap oke. Usahakan tempat menyimpannya nggak pengap juga supaya nggak apek atau berjamur.
  • Pasang kamper atau silica gel di lemari, lagi-lagi supaya nggak berjamur. Taruh juga kamper atau silica gel  di bagian dalam tas ya.
  • Semoga beuntung! :D

Sling Bag Handmade?

Nggak semua barang handmade itu mahal, tentu tersedia juga pilihan barang handmade yang harganya oke dan kualitasnya mantap. Kalaupun harganya mahal biasanya materialnya berkualitas, jadi bisa awet sampai bertahun-tahun. Kalau pengrajin pasang harga tinggi biasanya karena tingkat kesulitan dan ketelitian pembuatannya memang susah. 

Selain itu tas handmade lebih eksklusif karena kita bisa pesan ke pengrajin supaya modelnya beda dari yang ada di pasaran. Apalagi buat yang suka bergaya quirky, silakan kreasikan design tas unik sesuai karakter.

Sebagai wanita, saya emang minim wawasan tempat-tempat yang menjual atau menyediakan jasa order tas handmade. Kalau pesan ke tempat yang kurang meyakinkan khawatir rugi kan ya. Untungnya sekarang saya kebantu sama  e-commerce lokal yang mendukung pengrajin tas lokal memasarkan produknya. Salah satu yang bisa jadi referensi adalah qlapa.com. 

Intinya nih pilih tas yang sesuai karakter dan kebutuhan kita aja. Kalau bisa yang bahannya berkualitas supaya nggak cuma tampil keren, tapi tasnya juga bisa awet. Nah, kalau mau yang modelnya unik atau eksklusif, bisa dicoba pesen yang handmade dari pengrajin lokal. :D

You Might Also Like

14 komentar

  1. aku juga suka pake sling bag kalau pergi deket mba pokoknya yang cukup HP, dompet sama 1 mainan anak..

    cuss ah ke qlapa.com pengen liat2 hahaha

    ReplyDelete
    Replies
    1. Aku masih dompet ama hp aja nih Teh, eh kadang kamera. Jadi bawanya sling bag yang mini :D

      Delete
  2. aku termasuk pemake slingbag klo pas jalan jalan...
    isinya kamera ama powerbank, heuheuheu
    lumayan berat sih, harus sering dipindah kanan kiri, depan belakang

    tapi bisa cepet ambil kamera buat nangkap moment drpd tas punggung

    ReplyDelete
    Replies
    1. Iya lebih gampang dibuka lebih cepet yak Ir. Gak apa dipindah pindah biar punggung tetap sehat :D

      Delete
  3. saya jarang pake sling bag karena kalo pergi2 banyak bawaanya. hihi
    segala botol minum seliter dibawa, jadi ga muat kalo pake sling bag.. hehe

    ReplyDelete
    Replies
    1. Ada sling bag yang gede sih Mba, tapi emang kalau bawaan banyak ya backpack ajah biar punggungnya sehat :D

      Delete
  4. Aku juga suka banget pakai slong bag, menurut ku lebih simple karena ringan dan masih muat hp heeehe

    ReplyDelete
    Replies
    1. Iya Mba cucok untuk perempuan simple :D

      Delete
    2. Iya, cocok banget klo diajak keluar dadakan juga. Saya sampai akhir-akhir ini klo minta tas ke suami, pasti minta yang sling bag aja hehehe :D

      Btw qlapa semacam kaya tokopedia gitu ya mbak?

      Delete
    3. Iya qlapa ini e-commerce juga :)

      Delete
  5. aman pakai sling bag kalau sering naik kendaraan umum dan harus berdiri, bisa ditarik ke depan badan sementara tangan bisa cari pegangan ..he..he..
    naksir tas yang terakhir itu Nia

    ReplyDelete
    Replies
    1. Iya bisa dikekepin ya Mba. Btw tas yang terakhir itu udah pernah aku review di sini: http://www.nianastiti.com/2017/08/the-pandan-sling-bag.html :)

      Delete

Terima kasih sudah berkunjung, silakan tinggalkan komentar.
Love, Nia :)

Like us on Facebook

Most Popular

Instagram