4 Rekomendasi Tempat Makan yang Halal dan Enak di Hongkong

14:33

Assalamualaikum. Mohon maaf postingan blog saya isinya bakal tentang sisaan jalan-jalan akhir tahun kemarin yang belum sempat di post nih. Sengaja nyempetin post nih, karena siapa tahu ada yang kesulitan mencari infonya seperti yang saya alami kemarin sebelum berangkat ke Hongkong. Sebagai seorang muslim yang suka travelling pasti teman-teman juga cari info tempat makan yang halal dulu kan yah sebelum ke suatu negara. Karena banyak dapat info tempat makan halal di Hongkong dari Tripadvisor, beberapa blog dan laman lainnya, maka rasanya saya ingin balas budi juga untuk menyajikan info tempat makan di Hongkong yang udah saya cobain sendiri ke dalam satu post supaya nggak ngebingungin. Keempatnya nggak cuma halal tapi juga beneran enak. Ini urutannya berdasarkan waktu berkunjung saya ke sana.

Ma's Restaurant

Lokasi: 21-25 Cheung Sha Wan Road, Sham Shui Po, Cheung Sha Wan Rd, Sham Shui Po, Hong Kong
Retoran ini menjadi yang pertama kami coba karena lokasinya paling dekat dengan hotel pertama yang kami inapi di Hongkong. Dari Stasiun MRT Mongkok kita jalan kaki ke restorannya. Pakai google maps gitu, sekitar 1 kilometer jaraknya. Baru datang jadi masih fit jalan. Hehe. Stasiun MRT terdekat dari Ma's Restaurant adalah Stasiun MRT Prince Edward. Kami pulangnya dari sini naik bus, nyebrang dulu dan jalan agak menjauh menuju ke halte busnya, terus turun di halte dekat Mongkok. Penting banget bawa smartphone yang konek internet pas di Hongkong karena semua serba lebih mudah dengan google maps. Terutama buat tahu rute bus mana yang harus kita naiki. Buat jalan kaki juga manfaat banget biar nggak nyasar. Nanya orang belum tentu pada hafal semua juga kan, Saya pakai simcard lokal sana, beli di salah satu e-commerce di Indonesia sebelum berangkat.
Soal tempat, Ma's Restaurant ini cukup mentereng. Gede gitu dan terang benderang dari luar. Tampilan restorannya mirip konsep cha chaan teng. Selain warga dan traveller muslim, banyak warga lokal non muslim yang makan dan ngumpul di sini juga. Beberapa sumber yang saya baca emang menyebutkan juga kalau restoran ini tuh termasuk yang jadi favorit warga sekitar.
Karena ini pertama kalinya kami makan di Hongkong, kami agak kaget nih bandingin harga makanan yang digoreng dan direbus bedanya jauh banget. Makanan yang digoreng harganya jauh lebih mahal. Kami mau ngirit jadinya pesan satu makanan pembuka dan pesan mie dua. Maap lupa detailnya mie apa, kayaknya pilih yang murah-murah aja. Saya yang vegetable beef kayaknya, Mas Aryo yang lidah sapi.
Setelah pesanan datang kami baru sadar kalau porsinya gede banget, mangkoknya aja gede banget. Saya berusaha keras buat ngabisin supaya nggak mubazir dan supaya nggak gampang kelaparan lagi, secara makan kan mihilan ya di sini, baru hari-hari awal jadi ngirit, haha.

Kalau pas ke Hongkong dan tinggal di Kowloon, saya rekomendasiin mampir makan ke sini. Tapi saran saya pesen menu beratnya satu aja kalau cuma berdua, mending banyakin dumpling yang enak-enak. Minumnya gratis di sini, mayan jadi agak hemat. 

Wai Kee (Roast Duck)

Lokasi: Cooked Food Centre, Upstairs from Bowringtonn Market, WanchaiHong Kong, China

Meski semua tempat makan yang saya sebutkan di post ini enak-enak semua rasa sajiannya, tapi saya punya satu jagoan utama, yakni Wai Kee ini! Lokasinya ada di Hongkong Island. Kami ke sini naik Tram Ding Ding turun di Canal Road West trus jalan dikit. Pulangnya jalan lagi ke tempat naik Tram Ding Ding di Tin Lok Lane. Oiya mungkin kalau ada yang belum tau, Tram Ding Ding ini beneran tram gitu, masih banyak digunakan di Hongkong Island. Kami paling suka naik Tram Ding Ding kalau lagi di Hongkong Island. 
Wai Kee - Roast Duck with rice in plate 38 HKD
Dari arah Hennesy Road masuk ke Bowrington Road itu emang udah pasar. Jadi nggak usah kaget, masuk aja. Wai Kee ada di lantai atas bangunan pasar yang di belakang, naik dari tangga dari luar aja. Saya sempet agak kaget dan bingung pas masuk dari luar, soalnya ada antrian mengular gitu. Tapi ternyata itu non halal. Pokoknya pede aja masuk cari Wai Kee, dia ada di pojokan deket tangga masuk tadi tapi menjauhi pintu. Wai Kee lumayan rame jadi kadang kita harus sharing duduk sama orang lain. Saya sih nggak keberatan.
Wai Kee - Roast Duck with Noodle 36 HKD
Di sini saya pesan Roast Duck with Rice in plate dan Mas Aryo pesan Roast Duck with Noodle. Roast ducknya beneran enak banget, bebek panggang ter-enak yang pernah saya coba. Garing kulitnya, matang sempurna dalamnya, bumbunya meresap. Kaldu kuahnya pas. Pesanan kami banyak sayurnya, nggak pelit. Porsi potongan bebeknya juga gede. Seneng banget nemu makanan halal seenak ini. Di sini ada minuman gratis berupa teh, sama kayak di Ma's Retaurant ya. Tapi kemarin pas makan roast duck di sini saya keinget drama korea yang suka makan ayam panggang atau ayam goreng pakai soju atau minuman alkohol. Saya jadi pesan sprite kalengan gitu karena kayaknya enak. Ternyata enak beneran makan roast duck ama soda, bisa kolesterol makan ini mulu kayaknya kalau saya tinggal deket sini. 

Pelayanan di sini ramah banget lho. Kalau kita kebingungan bakal dijelasin. Nggak ngegetok juga  harganya meski lokasinya di pasar. Semuanya di harga fix. Tempatnya bersih. Semoga Wai Kee diterusin bisnisnya sama anak-anaknya yang punya. Ini layak jadi makanan legendaris. Sama kayak Ma's Restaurant, Wai Kee juga jadi kesayangan warga lokal non muslim sekalipun. Emang enak banget iniii...

Islamic Center Canteen

Lokasi: Masjid Ammar And Osman Ramju Sadick Islamic Centre, 40 Oi Kwan Road, Wan Chai, Yat Sin St, Wan Chai, Hong Kong

Kami ke sini pas jam sholat dzuhur, haru bener rasanya bisa sholat di Masjid di Hongkong ini. Isinya banyak orang Indonesia pakai Bahasa Jawa di lantai ibadah yang khusus perempuan. Tempat wudhu dan toiletnya lumayan. Abis dari sini kita makan.
Islamic Center Canteen-Dim Sum 13+13+17 HKD
Ada yang agak beda metode pemesanan untuk dimsumnya. Jadi kalau pesan dimsum itu ngisi form pesanan yang saya nggak ngerti pokoknya saya langsung ke tempat yang bagian dimsum aja trus nyebutin yang mau saya pesan supaya form tadi dicentangin petugas. Menu andalan Islamic Center emang dimsum. Saya sengaja ke sini untuk mencicipi masakan-masakan khas lokal yang halal. Karena kawatir nggak kenyang Mas Aryo pesan nasi goreng alias fried rice. Jauh-jauh ke Hongkong ya makan nasgor, hehe.
Islamic Center Canteen-Cold Drinks total 28 HKD
Islamic Center Canteen Hongkong-Fried Rice with Sea Food 36 HKD
Rasa dimsumnya emang memuaskan banget. Kami makan keenakan gitu deh. Nah giliran mau nasgor datang langsung bengong. Porsinya banyak banget. Akhirnya kita sengaja nyisain dan minta dibungkus. Di menu ada tulisan gitu kalau dibungkus kena biaya. Yaudah daripada mubazir mending bungkus. Cuma bayar sterofoamnya aja kalau nggak salah 1 HKD apa ya. Murah kok, lumayan bisa buat makan lagi kalau laper. Ada air putih gratis di sini, tapi kami pesen ice lemon tea dan ice honey lemon karena cuaca lagi panas-panasnya.

Ebeneezer's Kebabs & Pizzeria


Di Hongkong terutama di Kowloon banyak banget tempat makan halal bertema India atau Timur Tengah. Nah Ebeneezer salah satunya. Menurut saya Ebenezeer's paling nyaman dan aman karena dia punya banyak cabang gitu. Soalnya dari baca-baca di Tripadvisor beberapa turis dicopet pas makan di salah satu tempat makan halal gitu. Saya sampai nggak mau makan di tempat-tempat makan halal sekitar Ladies' Market di Mongkok karena takut kena scam jadi mahal atau kenapa-napa dan kawatir nggak enak makanannya. Tapi kalau teman-teman pernah punya pengalaman makan di area situ dan aman-aman aja ya monggo, hehe.

Kami makan di Ebeneezer's Kebab yang di Tsim Sha Tsui 1 Shop No. 1C, G/F, Astoria Building, 24-38 Ashley Road, Tsim Sha Tsui, Hong Kong. Kami jalan dari Star Ferry Terminal ke sini.
Kami nggak makan kebab di sini. Pesennya pizza biar bisa sharing dan lebih hemat. Menunya emang nggak murah di sini. Tapi rasa pizzanya oke banget lho. Dimakan berdua udah kenyang. Buat yang suka Mas-Mas Arab atau yang berwajah Timur Tengah gitu pasti makin seneng ke sini, hehe.

Oiya saya sempat heran kenapa banyak banget resto kebab/masakan India-India-an gitu di Hongkong. Keheranan itu saya tulis di caption instagram dan dibalas Mba Lutfi Retno. Ternyata karena orang sana kan lidahnya terbiasa ama makanan dengan cita rasa kuat ya, kayak makanan padang di Indonesia. Di mana mereka berada, maka bisnisnya biasanya makanan. Karena emang kebanyakan orang-orang dari sana pada merantau. Jadi buka bisnis rumah makan buat sesama perantau dari daerah mereka dan tentu saja karena mereka terbiasa dengan masakan berbumbu tajam maka mereka lebih suka menyantap masakan khas daerahnya. 
Untuk minumnya di sini saya pesan lemon tea dan Mas Aryo saya "paksa" pesan Masala Tea supaya nggak masuk angin. Sekalian biar pernah nyoba karena katanya belum pernah nyicip. 
Saya rekomendasiin buat nyobain Ebenezeer juga kalau teman-teman ke Hongkong. Enak soalnya. Pas saya datang agak sepi ni restonya, makin lama malah penuh ampe waiting list. Bisa buat nongkorng dan ngobrol santai sebenarnya kalau tempatnya lagi nggak rame. 

Survival Makan Halal di Hongkong

Saya sama Mas Aryo sering sarapan roti. Dari tempat menginap kami di Mongkok ada tempat roti yang enak banget dan pemiliknya mau ngasih tau mana roti yang halal. Ukurannya gede pulak. Saya bawa buat bekal jalan sekalian.
Bakery lokal di Mongkok, Ibu yang punya baek banget
Bekal jalan-jalan sekaligus sarapan: hot milk tea dan roti
Pas pindah ke hotel di dekat Stasiun MRT Jordan kami tiap hari sarapan Bread Talk. Ada Bread Talk deket banget sama hotel, hahaha terserah deh banyak bread talk di Indonesia juga, yang penting hemat kenyang dan insyaAllah halal. 

Oiya banyak tempat makan halal di Chungking Mansion dan sekitar Masjid Kowloon tapi kemarin kami nggak nyobain karena prioritas waktu.

Kalau lagi di antah berantah, misalnya baru dari Lantau Island dan kami udah laper banget, jadilah makan di Mc Donald di Citygate Mall. Pesennya yang fish terus sih kalau ke McD. Sempat ke McD dua kali terus udah mblenger banget sama fish burger. 

Kami nemu samyang halal di bowl gitu di Seven Eleven Star Ferry Terminal. Kerinduan akan rasa pedas akhirnya terobati. Malah jadi kepedesan banget. Tapi lumayan buat variasi makanan nih, obat rindu cabe, haha.

Oke sekian info tempat makan halal dan sedikit cerita survival kami makan halal selama di Hongkong. Kalau teman-teman punya rekomendasi tempat makan lainnya atau pernah tempat makan di atas, kasihtau di kolom komentar ya. :D

You Might Also Like

33 komentar

  1. Yang di Ma's restaurant ko bisa y mba yang digoreng sama rebus beda harga apa minyak goreng mahal ya disana :D

    Untungnya nasi gorengnya bisa dibungkus y mba meski bayar buat bungkusnya yang penting ga mubazir hahaha

    ReplyDelete
    Replies
    1. Ga cuma di Ma's Restaurant Mba, di mana-mana biasanya mahalan makanan yang digoreng. Mungkin minyak mahal, ga punya lahan sawit karena ngerusak unsur hara tanah, hehe.

      Nah nasgornya iya mayan deh daripada buang-buang makanan :D

      Delete
  2. keren deh info nya, ini pun yg aku rasakan selama ini mba, kalo trip selalu khawatir sama makanannya.. mau kepoin trip dirimyu berikutnya ah... hee

    ReplyDelete
    Replies
    1. Makasi Mba, iya was-was yah kalau makan di luar negeri. Musti cari infonya dulu :)

      Delete
  3. Saya belum ada rencana ke Hongkong. Tapi postingan kayak gini pasti berguna banget. Suka bingung juga kan cari makanan halal di negara yang mayoritas non muslim

    ReplyDelete
    Replies
    1. Iya bener Teh, kadang nggak sesuai selera kita juga kan makanan halalnya. Meski pingin nyoba juga makanan sono tapi sesekali pengen yang halal dan enak jugak :D

      Delete
  4. ngiler lihat Roast Duck with Noodle 36 HKD
    mengkilap2 gitu\heuheuheu

    ReplyDelete
    Replies
    1. Semua roast ducknya emang mengkilap, saking lamanya dimasak jadi ngeresep banget bumbunya. Emang menggiurkan banget ini, tampilan dan rasanya oke semua :D

      Delete
  5. Tantangan banget ya cari makan di negara yang muslimnya sedikit.

    ReplyDelete
  6. BOOKMARK kalo ke hongkong, hahaha. Itu bebeknya nantangin banget sih niaaaaa.. Dimsumnya juga, masha Allah, hahaha. Lain kali bawa boncabe level 30 ya niaaaa.. LOL.

    ReplyDelete
    Replies
    1. Nanti diare malah rempong Mba bukannya jalan-jalan ntar hunting WC, wkwk. Sesekali aja pedesnya. :p

      Delete
  7. thanks banget mba postingan ini bermanfaat bangettt... dulu jaman2 bolak balik hongkong dan indonesia emang disana cari makanan halal susahhh banget. makanya kalo di hongkong aku lebih banyak bilang kalo aku vegetarian, karena emang ga bisa makan pork juga, kalo makan pork perutku langsung gak enak :( thanks infonya mba <3

    ReplyDelete
    Replies
    1. Iya tempat makan vegan juga sering saya jadiin sasaran tempat makan Mba, karena biasanya aman juga buat yang pengen makan halal. Di Hk banyak banget yah minyak babi di mana mana, hehehe. Masama Mba, seneng bisa berbagi, semoga bermanfaat :)

      Delete
  8. wah jadi bertambah referensi, aku tadinya cuma tau yang di masjid aja.

    ReplyDelete
    Replies
    1. Ternyata lumayan banyak tempat makan halalnya kan yah, ini aja aku baru nyobain segelintir doang Koh :D

      Delete
  9. Aku jadi berasa ikut jalan2 dan makan2,penasaran sama masala tea,rasanya gimana Mbk?

    ReplyDelete
  10. Baca beginian pas mendekat jam makan siang itu bikin laper banget hahaha...semoga bisa ke sana soon ^^ dan cobain rekomendasi Jeng Nia yang belum pernah mengecewakan :D

    Super Epic itu Wai Kee, bikin ngecesss roast duck nyaaa sama Ma's kudu banget di coba. Mamaci infonya jeng ^^

    ReplyDelete
    Replies
    1. Hehe masama, semoga segera main ke sini juga ya :)

      Delete
  11. halal dan enak benar-benar komplit yach. dari tampilan, bebeknya juara dech.

    ReplyDelete
    Replies
    1. Iya Mba emang juara banget itu roast ducknya :D

      Delete
  12. Belum sempet menjajah hongkong sih.. Nanti jadi acuan deh kalo kedampar kesana. Haha

    ReplyDelete
  13. Ma's Restaurantnya asik dari luar tempatnya.

    ReplyDelete
    Replies
    1. Iya ngelihat dari luar kayak family vibes banget di dalam keluarga2 lagi pada makan bareng :)

      Delete
  14. Kok sambil membaca jadi fokus ke foto makanan dan akhirnya ngilerr... Hahaha... Salam kenal.. Kalau ada waktu jalan2 ke blog ku yah.. Oh iyaa aku izin mau follow.. Terimakasih..

    ReplyDelete
    Replies
    1. Salam kenal, makasih ya sudah mampir ke blog saya dan follow. Semoga betah. Iya nanti saya bw balik :D

      Delete
  15. bookmark dulu next kalau ada reeki dan umur panjang mau mampir ke sana :D

    ReplyDelete
    Replies
    1. Amiin, via Macau tiket pesawatnya lumayan affordable Uni :)

      Delete
  16. Mba nya nginep di daerah mongkok ya?
    Lingkungan disana gmn mba nyaman gak? Sy rencana mau booking daerah mongkok krn hotelnya terjangkau dan lumayan oke, tp masih ragu2

    ReplyDelete
    Replies
    1. Mongkok enak kemana-mana deket dan gampang ke MRT atau naik bus. Tapi ya padat dan semrawut Mba. Biasanya hotel dan hostel gitu lokasinya di dalam apartemen dan kadang apartemennya udah tua. Cuma kalau hotel mah bersih dan bagus dalemnya.

      Delete

Terima kasih sudah berkunjung, silakan tinggalkan komentar.
Love, Nia :)

Like us on Facebook

Instagram