Mencetak Kenangan di ID Photobook

21:23

Assalamualaikum. Salam sejahtera untuk teman-teman yang sudah mampir ke blog saya. Kali ini saya mau cerita tentang mencetak foto. Jadi tadinya saya paling malas cetak foto karena repot nyempetin ke tempat cetak foto. Khawatir editannya nggak sesuai selera, dan lainnya. Belum lagi saya orangnya nggak telaten ya buat ngejaga album foto. 
Hal tersebut berubah setelah saya menikah. Jadi dari fotografer pernikahan kami, ada dua album foto yang dicetak ala majalah gitu. Bukan di lembar per lembar foto glossy, tapi dicetak di kertas dalam albumnya langsung. Saya dan suami sepakat bahwa metode cetak foto seperti ini cocok bagi kami karena kami rasa akan lebih awet dibanding cetak foto biasa yang rawan rusak dengan udara lembab di rumah kami di Jakarta. 

Sebenarnya pengen request ke fotografer nikahan untuk mencetakkan foto kami lagi karena album foto udah kami tinggal di rumah orang tua. Alasannya tentu karena di sana kemungkinan dibuka-bukanya lebih tinggi dibanding di rumah kami yang sangat jarang menerima tamu, hihi. Tapi melihat kesibukan fotografer, kami pun urung. Sampai kemudian kami nemu ID Photobook yang menyediakan jasa cetak foto dengan desain majalah seperti yang kami dapat dari fotografer nikahan kami, kelihatan gitu hasil produksinya photobook berkualitas. Dan nyenenginnya lagi tinggal pesan online. Tempat cetak foto online ginilah yang saya cari-cari.

ID Photobook juga punya beberapa pilihan album dalam katalognya yang bisa teman-teman buka di sini: katalog ID Photobook. Kami pilih dua album photobook. Satu yang large untuk cetak kembali foto nikahan versi lengkap dari foto pranikah, foto akad, foto resepsi, dan foto syukuran di rumah mertua. 
Satu lagi untuk cetak foto kami berdua jelang menikah hingga jalan-jalan bareng setelah menikah. Untuk yang foto berdua ini kami pilih album yang square karena memang stok fotonya lebih sedikit. Ternyata seru gitu hasil cetakannya. Ada quotes dan tulisan-tulisan yang terkait sama fotonya. Jadi inget buku tahunan kelulusan jaman lulusan kuliah dulu. Meski rame tapi nggak norak. Mereka mengkombinasikan dan menata foto dengan oke. 
Sepupu saya sempet nanya nih pas lihat album yang square ini. "Fotonya pakai kamera mirrorless semua ya? Jernih banget semua soalnya."katanya. Jawabannya enggak lho. Foto yang selfie berdua ini kebanyakan dari HP aja. Jadi teman-teman bisa langsung cetak foto dari HP untuk dibikinin album foto dengan desain kayak majalah begini.

Cara pesan album photobook bisa disimak di sini. Atau silakan langsung pesan di websitenya aja, tinggal klik beli di katalog yang kita inginkan. Bisa juga melalui whatsapp yang tersedia di link katalog tadi. Harga cetak fotonya lengkap ada di situ semua infonya. Range harganya mulai dari Rp 99.000 s.d. Rp 350.000. Untuk album photobook square sekitar Rp 275.000 tapi sekarang ada diskon tuh jadi cuma Rp 225.000. Sedangkan untuk album photobook large yang merupakan ukuran terbesar tarifnya Rp 350.000. 

Tim ID Photobook ini komunikatif banget. Jadi bisa nanya-nanya. Saya diberitahu untuk menyediakan foto ukuran 300-400 px. Untuk album large kita musti menyediakan 100 foto dan untuk album square kita musti nyiapin 61 foto. Cover dan tema album juga kita pilih sendiri. Lengkap pokoknya tinggal cek di website ID Photobook.

Untuk pengiriman fotonya saya share folder google drive ke emailnya ID Photobook. Saya chat dengan mereka juga melalui email. Tentang privasi foto sih saya sudah konfirm ke mereka bahwa kalau mereka mau pakai pasti akan izin ke kita dulu. 

Saya puas banget dengan hasil cetakannya. Lamaan saya milih fotonya dibanding mereka nyetak sampai ngirim ke saya. Hehe. Susah emang milih foto. Lokasi ID Photobook ada di Jogja. Tapi dengan kualitas yang mantap gini saya nggak masalah pesan jauh-jauh ke Jogja. Toh saya nggak perlu ke studio foto dan colok-colok flashdisk atau hardisk. Bener-bener bikin cetak foto sangat mudah dan seru. 
Packaging pengirimannya juga bagus. Pakai box tebal yang rapih. Amplopnya juga bikinan mereka sendiri gitu, seru. Udah pernah saya share di Instagram Story saya.

Di kondisi sekarang saya yang lagi hamil gede, alhamdulillah lagi nggak pengen jalan-jalan. Buka-buka album foto nikahan dan jalan-jalan dari ID Photobook udah bikin happy. Sesekali memandangi kenangan yang tercetak tanpa repot scroll-scroll smartphone atau nyalain laptop tuh rasanya lebih syahdu. Dan tentu bebas repot. Sama bebas juga dari rasa khawatir kalau hardisk atau laptop rusak trus foto-foto pada ilang.

Ini albumnya ringan banget deh jadi saya enak-enak aja mau dilihat sambil diangkat-angkat sekalipun. Nggak melulu harus ditaruh karena biasanya album foto berat-berat ya. Padahal covernya tebal dan kuat.

Kemarin suami udah protes kenapa nggak cetak pas udah ada baby aja sih, kan lebih lucu. Yaudah nanti cetak lagi aja kali yah. Toh dua album yang udah di tangan ini malah bikin waktu tunggu ketemu baby jadi makin menggembirakan karena bisa menilik perjalanan kami berdua kapanpun pas lagi santai di rumah. Kalau teman-teman gimana, suka cetak foto kenangan bersama keluarga juga nggak? :D

Berikut link sosial media ID Photobook ya, pasti teman-teman pada penasaran dan pengen lihat kan, hihi:
Facebook: https://www.facebook.com/Idphotobook.page
Instagram: https://www.instagram.com/id.photobook
Youtube: https://www.youtube.com/channel/UC1IzjwadnEEP5qhdY9tWIAw

You Might Also Like

14 komentar

  1. Wahh boleh juga dicoba nih. Kalau desainnya semua diatur sama orang Photobook nya ya? Bisa gak kita desain sendiri? Dulu aku pernah bikin kayak gini di Photoklip. Sayangnya udah diganti Photoklipnya :(

    ReplyDelete
    Replies
    1. Coba DM aja ke IG nya yang aku mention di post IG terbaruku ya. Mayan kalau suka design2 sendiri, kemarin aku minta dipilihin mereka sih karena ga sempat :D

      Delete
  2. bagus ya ni, aku tuh pengen cetak foto dari dulu tapi maju mundur karena takut hasilnya ngga terlalu oke kayak jaman dulu hahahha, liat hasil cetak punya nia jadi kepengen ikutan nyetak foto :D

    ReplyDelete
    Replies
    1. Bagus ini Mba, mana nggak berat pula album photobooknya :D

      Delete
  3. Sekarang model album ga sekaku jaman dulu ya nia, makin bernarasi jadi serasa kayak ada captionnya hahhaha

    Nah iya banget, klo nikahan emang wajib dicetak, paling ga biar jaga2 sapa tau jejak digitalnya keapus wkwkwk, trus bisa diliat2...aku aja dulu klo mampir ke tempat simbahku selalu yang kuulang ulang liatin photo album tante2ku sampe nikahan bapak ibuku, trus pas kecil ngayal, oh besok klo nikah dandanaku kayak gini nih hihih

    ReplyDelete
    Replies
    1. Iya bener banget foto nikahan ortu dan sodara2nya pasti ada di rumah nenek ya. Menginspirasi ya Nit :D

      Delete
  4. bagus banget album fotonya. rapih dan pop banget. designnya dari mereka ya Ni? atau kita bisa design sendiri?

    ReplyDelete
    Replies
    1. Ini yang aku designnya dari mereka aku pasrahkan sepenuhnya Mba, hehe. Kalau pengen yang gimana-gimana bisa dikomunikasikan :D

      Delete
  5. Kok unyu, jd kepikiran buat foto-foto liburan kemarin wkwkwkwkw. Mana gampang banget pesennya dan bisa milih sesuai selera.

    ReplyDelete
    Replies
    1. Iya Nggi, foto ama keluarga apa temen gitu jadi lucu dibikin photobook album. Tinggal pesen online aja nih. :)

      Delete
  6. Aku sedang menunggu pesanankuuuuu, cant wait!

    ReplyDelete
    Replies
    1. Tar pasti seneng banget pas udah jadi :D

      Delete
  7. bagus nih,
    lagi mau order, bukan buat sendiri sih, buat kadoin sepupu yang baru menikah... kuisi foto foto mereka...

    ReplyDelete
    Replies
    1. Iya ini cocok juga buat kado nih. Jangan lupa pesenannya yang detail biar puas sama hasilnya :D

      Delete

Terima kasih sudah berkunjung, silakan tinggalkan komentar.
Love, Nia :)

Like us on Facebook

Instagram