Medina, Plastic Foodware Halal Pertama di Indonesia

14:38

Assalamualaikum. Bagaimana ibadah ramadhan teman-teman? Semoga lancar dan diberikan kemudahan ya. Bulan puasa gini ternyata saya lebih sering menyiapkan makanan beku karena anak masih bayi yang kadang minta asi di jam sahur. Tapi makanan bekunya tentu yang sehat-sehat ya. Seperti ikan segar yang saya bersihkan sendiri kemudian dibekukan. Atau ayam ungkep. Kadang sayur matang juga saya siapkan di dalam kulkas. Nanti pas sahur tinggal dipanasin pakai microwave yang cuma butuh waktu 2-3 menit aja. Mudah dan cepat jadi nggak ribet, hehe. Untuk urusan penyimpanannya saya baru nemu produk foodware yang halal nih, jadi lebih tenang gitu kan sahur dan berbukanya karena bahkan tempat makannya pun halal. Untuk brand plastic foodwarenya namanya Medina nih.
Medina bisa didapatkan di dusdusan.com. Brand Medina sendiri ternyata merupakan plastic foodware halal pertama di Indonesia. Bukan cuma halal materialnya saja tapi juga tersertifikasi halal Majelis Ulama Indonesia (MUI) dari hulu hingga ke hilir. Artinya pemilihan baku, proses produksi, dan distribusinya semua sesuai ketentuan dan standar halal MUI.

Selain alhamdulillah halal dan bikin tenang yang pakai. Plastic foodware kan nempel ya sama makanan yang kita konsumsi, jadi lega banget begitu tau ada produk plastic foodware yang halal. Sebenarnya dengan sesuai standar kehalalan itu memberikan tingkat konsistensi higienitas yang lebih tinggi dari biasanya sih ya.

Nggak cuma halal, tapi aman juga lho. Lebih aman karena kualitas produknya BPA Free, Phtalate Free, Heavy Metal Free, serta FDA Approved. Jadi buat menyimpan makanan di freezer dan untuk memanaskan makanan di microwave tuh aman banget. Nggak khawatir lagi nyimpan makanan bayi pakai plastic foodware Medina deh.

Daaan yang bikin aku lebih suka sama produk Medina tuh karena diproduksinya LOKAL. Artinya memangkas bermacam bahan bakar yang biasanya digunakan untuk mengangkut apabila barang yang kita pakai berasal dari luar negeri. Ikut mendukung pengurangan emisi karbon.

Aku bahas sedikit tentang packagingnya ya. Jadi pas beli kita akan dikirimi paket rapi dengan kardus yang dibungkus bubble wrap. Dalamnya masih dilapis plastik halus lagi. Dilengkapi buku petunjuk penggunaan juga lho. Jadi lebih jelas dan tentu bikin nyaman penggunanya ya.
Selain karena kualitasnya, saya suka banget set amethys yang warnanya lebih dark, yang kayak mangkok. Secara aestetik cakep banget. Bisa dipakai buat menyajikan makanan pas lebaran deh. Selain itu bisa saya pakai buat bikin es buah di ramadhan ini. Kalau yang kecilan bisa untuk nyimpen sayur yang sisa sehabis buka puasa buat diangetin lagi. Buat bahan makanan mentah juga bisa sih.

Kalau yang toplesnya biasa saya pakai buat menyimpan kerupuk udang yang udah digoreng. Jangan khawatir kerupuknya mlempem karena Medina Plastic Foodware udah lolos uji Air Tight atau kedap udara. Asal jangan lupa nutup ya, hihi. Kadang saya naruh telur di toples ini juga karena bakalan lebih awet kalau telur ditaruh di chiller bukan di pintu. Muat banyak jadi nggak makan tempat karena posisi toplesnya vertikal gitu. Kulkas jadi lebih lega dan rapih. 

Kalau teman-teman gimana selama bulan puasa ini, apa sama seperti saya suka nyiapin makanan matang di kulkas supaya lebih mudah sewaktu sahur? Atau tim masak dadakan? Sebenarnya lebih puas masak dadakan sih tapi di kondisi saya nggak mungkin. Jadilah plastic foodware adalah penyelamat dalam keseharian. Sekalinya nyari sekalian yang aestetik biar enak dipandang dan kita jadi sayang, ya kan, hihi. Yang lagi nyari toples atau printilan lebaran bisa cek produk Medina di Dusdusan.com ya. :)

You Might Also Like

46 komentar

  1. Nia, kemarin dijelasin gak syarat halal dari produk foodware itu dilihat dari mana yaa? Karena kan foodware itu kita pakai sehari-hari dan dari berbagai brand. Makasi yaa sebelumnya :)

    ReplyDelete
    Replies
    1. Maaf Lia aku baru sempat balas. Jadi kehalalannya dari semuanya Li, dari amterialnya, alat untuk memproduksi, proses produksi hingga distribusi Li :)

      Delete
  2. oke juga tuh toples nya buat nampung peyek/rengginang pas lebaran besok

    ReplyDelete
    Replies
    1. Haha terlalu cantek untuk rempeyek nggak? :p

      Delete
  3. Beli di Dus Dusan ya mbak, aku belum pernah beli di sana hehee
    Kalau aku juga suka sih pake toples gitu buat nyimpen kerupuk atau bawang goreng ehehehhe
    itu pacakagingnya bagus banget sih,,, jadi mupengg uuhhhu

    ReplyDelete
    Replies
    1. Iya Mba packagingnya bagus dan kualitas toplesnya bagus. Aku juga baru pertama kemarin Mba nerima paketan dari dusdusan, puas sama kemasan dan produk dari MEdina ini. Mana halal kan jadi aman banget dan nyaman :)

      Delete
  4. Bisa jadi pilihan ini klo nanti butuh ware untuk simpan simpan makanan. Makasih infonya Mak. Halal selalu menenangkan.

    ReplyDelete
    Replies
    1. Sama2 Mak. Betul, yang halal buat lebih tenang. semoga jadi referensi bermanfaat ya Mak :)

      Delete
  5. Warnanya tsakep2 amaaattt.
    Toples ini semoga aman dari krikitan tikus ya mba
    Soale ibu mertuaku pake merk yg onoh, ehhh.....kemarin tutupnya rusak digigitin tikus
    --Bukanbocahbiasa(dot)com--

    ReplyDelete
    Replies
    1. Eh aku engeh deh merk onoh yang Mba maksud kayaknya soalnya aku ngalamin toplesnya ada bocel bocel gituh, hehe. Ini sementara belum jadi korban dan sepertinya aman Mba karena beda material. Tapi gatau juga yah, masa mau dikasihin ke tikus untuk membuktikan, wkwk. Iya warnanya aku suka banget Mba, cantik dan elegan si foodware Medina ini. :)

      Delete
  6. Aku penasaran sama standart halalnya itu berdasarkan apanya ya, Mbak? Bahan atau proses produksi atau apa ya?
    Kalau selama Ramadan kemarin hampir tiap hari aku masak dadakan sih. Cuma bahannya aja udah disiapin di wadah2 kedap kayak gini juga. Masak juga simpel aja. Kalau gak sayur bening ya sayur rebus atau kukus. Yang penting ada sambel, hehe

    ReplyDelete
    Replies
    1. Semua Mba, dari material, alat produksi, proses produksi hingga distribusi semua harus halal. Iya Mba ramadhan enak food prep ya. Sambel emang paling nikmat dan rasanya sayang untuk dilewatkan. Tapi alhamdulillah ga bikin sakit perut meski abis puasa ya Mba sambelnya :)

      Delete
  7. Keren ya plastic foodware ini. Halal pulak. Noleh ah tuh utk koleksi. we

    ReplyDelete
    Replies
    1. Iya Bunda, monggo dikoleksi, cakep dan halal nih foodware Medina :D

      Delete
  8. Iya nie kotak makan seperti ini berguna banget buat bawa bekal dan beli makanan diluar juga loh mom..

    ReplyDelete
    Replies
    1. Iya Mba Rara, biar ga nyampah plastik plastik ya :)

      Delete
  9. wah keren udah lolos uji Air Tight ya, patut dicoba :D

    ReplyDelete
    Replies
    1. Biar nggak mlempem kalau diisi kerupuk Mba. Sama biar aman dan nggak terkontaminasi makanan yang disimpan di dalamnya :)

      Delete
  10. Aku baru tau loh ada plastik halal hehehehe ... Setahuku kalau selama ini kan pake punyanya om tuppy itu ya yang penting food grade safety lalu ada LDPE dan PP yang artinya aman untuk makanan, lalu sudah teregistrasi juga.

    Nah kalo halal baru dengar nih. Tapi kalau iya terbukti halal pasti aku beralih ke sini

    ReplyDelete
    Replies
    1. Iya Mba monggo dikonfirm aja ke dusdusan dan Medina. Udah tersertifikasi halal. Lumayan ya nambah referensi foodware dan bikin tenang karena halal dan bebas PP juga :)

      Delete
  11. Maaf saya baru denger nih foodware Medina, biasanya pakai foodware yang lain sih. Jadi penasaran deh. BTW, saya juga suka stok makanan di kulkas kalau pas puasa lumayan hemat waktu, hehehe

    ReplyDelete
    Replies
    1. Iya Mak foodprep emang ga bikin mumet yah. Hehe. Iya Mak banyak yang belum tahu Medina kok, maklum akutu. Hihi. Pendatang baru soalnya. Kepoin aja di dusdusan ya Mak tentang foodware Medina ini :)

      Delete
  12. Peralatan makan dan penyimpanan sekarang makin banyak pilihan ya termasuk kehadiran Medina ini. Warnanya bagus, desainnya simpel dan fungsional, plus halal foodware ya. Poin terakhir ini memberikan rasa aman bagi pengguna yang muslim. Pengen tau juga sih kalau foodware begini kehalalan produknya karena proses atau bahan baku ya, Mbak? aku masih rada gak mudeng yang gimana

    ReplyDelete
    Replies
    1. Semua Mba Donna, dari material, proses, alat produksi hingga distribusi semua harus halal untuk dapat sertifikasi halal :)

      Delete
  13. Dusdusan ini berarti dr berbagai macam brand ya mba. Sering liat sliweran di TL dan emang apik2 sih yg diiklankan dusdusan, mupeng.

    ReplyDelete
    Replies
    1. Iya betul banget Mak, banyak brand berkualitas di dusdusan. Produk lokal lho :D

      Delete
  14. Wah barutau wadah plastik juga ada halal haram. Lain kali bakal memperhatikan ini. Makasih infonya.

    ReplyDelete
    Replies
    1. Wah kalau haram kurang tahu ya Mak, tidak dibahas di sini. Ini cuma menyampaikan ada foodware yang materialnya, proses produksi, alat produksi, dan distribusinya sudah tersertifikasi halal. Semoga bisa menjadi referensi bermanfaat ya Mak :)

      Delete
  15. Aku paling ayam ungkep mba yang tak taruh kulkas. Klo sahur..aku tim males masak. Paling sering telur asin.. klo ga gitu go food pecel lele/ayam setelah tarawih, di simpan..trus pas sahur tinggal makan..

    ReplyDelete
    Replies
    1. Hihi aku juga tim penyimpan ayam ungkep Maak, gantinya paling ikan atau udang buat selang seling :p

      Delete
  16. Masya Allah sekarang sudah semua serba halal ya mba.. jd gak khawatir semakin fcus memperbaiki diri

    ReplyDelete
    Replies
    1. Betul sekali insyaAllah memudahkan kita untuk fokus ke hal lain karena sudah ada sertifikasi halalnya pada barang yang kita pakai. :)

      Delete
  17. Kaget juga pas wara-wiri ada Medina, plastic foodware halal pertama di Indonesia. Kan jadi mupeng sayaaaa
    Cus, mau koleksi juga lah

    ReplyDelete
  18. Saya belum lama tahu brand Medina ini, ternyata untuk tempat menyimpan makanan pun wajib concern halal-haram.

    Warnanya menarik, cerah tapi soft, bentuknya juga bagus. Cara pembeliannya selain melalui dusdusan, kira sdh dijual secara off line kah?

    ReplyDelete
    Replies
    1. Kalau ada yang jadi member dusdusan mungkin bisa diminta tolong pesankan Mak. Tapi dikirim online pun aman kok ga penyok kardus packagingnya apalagi dalemnya :)

      Delete
  19. Produk Medina ini warnanya kalem ya. Pengirimannya juga pakai dus, jadi aman gak khawatir pecah di jalan. Wadah plastik kaya gini tuh dibutuhin banget dalam keseharian

    ReplyDelete
  20. Pas banget aku mau menata isi kulkas buat food prep, butuh banyak toples kecil untuk simpan bahan makanan. Dengan sertifikasi halal seperti Medina jadi lebih aman, lah.

    ReplyDelete
  21. warnaa ungunya Medina manis deh, aku baru denger ada foodware bersertifikasi halal seperti ini. KOnsumen jadi tenang ya kalau sudah ada jaminan halal dan aman.

    ReplyDelete
  22. Suka deh dengan food Ware Medina ini. Selain aman juga halal. Aku jadi kepengen nambah koleksinya. Cantik-cantik ya.

    ReplyDelete
  23. wah. menarik juga nih...secara..sering butuh wadah bgini di rumah. apalagi ada yang halal. semakin sukaaa

    ReplyDelete
  24. Alhamdulillah sudah halal, jadi lebih nyaman ya buat dipakai. Tapi masih dijual online ya, bisa dikirim ke Yogya nya kalau kita mau beli.

    ReplyDelete
  25. Pernah dateng ke acaranya Medina di Solo. Suka sama produknya yang ternyata sudah bersertifikasi Halal

    ReplyDelete
  26. Warnanya unyu ya food warenya :)
    Food ware emangnya ada halal dan gaknya yaa.

    ReplyDelete
  27. Produk plastik pun ada label halalnya ya mba? Saya jadi penasaran yang lain proses produksinya seperti apa yaaa. Btw aku suka warnanya.. ungu!

    ReplyDelete
  28. Bisa masuk microwave mantap deh. Manasin makanan jadi simpel gak pake ribet nih

    ReplyDelete

Terima kasih sudah berkunjung, silakan tinggalkan komentar.
Love, Nia :)

Like us on Facebook

Instagram