Menikmati Kesejukan Bandung: Berkunjung ke Gedung Sate dan Menginap di Hotel Santika

21:32

Assalamualaikum. Ada yang berencana ke Bandung weekend ini? Kota Kembang memang selalu menarik untuk dikunjungi ya. Banyak pilihan obyek wisata yang bisa didatangi.  Kalau teman-teman berencana ke Bandung, jangan lewatkan salah satu icon bersejarah ini: Gedung Sate. Pasti sudah banyak yang tahu dari mata pelajaran sejarah ketika masih sekolah kan? Belum pernah ke sana, cuma pernah lewat doang? Mampir yuk ke white house-nya Bandung.
Pict from menerjemahkan.com

Tentang Gedung Sate

Gedung Sate sudah dibangun sejak tahun 1920 dan masih berdiri kokoh hingga saat ini. Gedung ini masih digunakan untuk beragam kegiatan Pemerintahan Daerah Provinsi Jawa Barat. Jika dilihat dari desain dan arsitektur bangunannya, Gedung Sate memiliki ciri khas bangunan tempo dulu. Tiangnya besar-besar dan pondasinya terlihat sangat kokoh. Designnya memang seperti bangunan Eropa karena dibangun pada masa Hindia Belanda. Bagian paling menarik dari Gedung sate adalah ornamen mirip tusuk sate yang ada di puncak gedungnya, tepatnya pada menara sentral.

Selain memiliki desain yang indah, serta unsur sejarah dan budaya  yang kental, Gedung Sate juga memiliki area taman yang terawat baik. Para pengunjung akan betah di taman ini. Area taman Gedung Sate akan otomatis dilewati pengunjung ketika hendak masuk ke bangunan utama. Kita bisa foto-foto di sekitar sini dengan nyaman. Selain menjadi objek wisata, banyak aktivitas lain yang bisa dilakukan di Gedung Sate, misalnya jalan santai dan aneka aktivitas olahraga lainnya. 

Gedung Sate saat malam hari juga makin menarik untuk dikunjungi. Pemandangan lampu-lampu yang menghiasi gedung dan air mancurnya sangat indah. 

Bagian Dalam Gedung Sate

Pict from 4muda.com
Kalau teman-teman penasaran dengan bagian dalam gedung ini, saya kasih bocorannya dikit ya. Saat memasuki bagian depan gedung, akan terlihat gamelan khas Sunda yang biasanya memang dipakai untuk menyambut tamu spesial  dalam acara kenegaraan. Sebagian besar ruangannya ditata layaknya gedung perkantoran. Tapi ada juga lho ruang penjara bawah tanahnya. Hiiy, agak seram ya.

Di lantai empat gedung ini tersedia ruangan untuk para tamu acara-acara penting kenegaraan. Selain itu ada juga jajaran potret atau foto-foto beberapa pejabat pemerintahan, cindera mata, dan juga benda-benda bersejarah dari Provinsi Jawa Barat yang bisa kita lihat-lihat. Teman-teman juga bisa melihat keindahan pemandangan sekitar Gedung Sate dengan bantuan teropong di lantai ini.

Lokasi Gedung Sate

Gedung Sate berlokasi di Jalan Diponegoro Nomor 22, Bandung. Perjalanan menuju Gedung Sate bisa melalui Tol Pasteur menuju Pasupati. Letaknya yang berada di pusat kota sudah tentu memudahkan pengunjung untuk mencapainya. Gedung ini juga berdekatan dengan Museum Geologi, Bandung Indah Plaza, dan juga Riau Street Factory Outlets. Jadi kalau berkunjung ke Gedung Sate bisa sekalian mampir ke tempat-tempat terkenal tersebut.

Izin Khusus untuk Masuk Gedung

Untuk memasuki Gedung Sate kita akan memerlukan izin khusus. Namun jangan khawatir, prosedurnya cukup mudah kok. Jika teman-teman hanya berkeliling dan melihat keindahan di sekitar lingkungan Gedung Sate saja, maka tidak memerlukan izin khusus tersebut.

Setelah puas mengelilingi area Gedung Sate, kita bisa langsung menuju kawasan kuliner yang letaknya tak jauh dari sini. Langsung saja mampir ke Cilaki untuk mencicipi aneka kuliner khas Bandung. Pecinta kuliner bakalan rugi deh kalau melewatkan tempat ini.

Taman Tematik

Satu jalan dengan Gedung Sate, Jalan Diponegoro menyimpan tempat wisata lain yang patut untuk dikunjungi karena pemandangan cukup menarik. Namanya Taman Tematik. Taman ini juga menjadi ikon Kota Bandung.  Ada berbagai jenis bunga yang menghiasi Taman Tematik. Bunga yang paling menarik di antara yang lainnya adalah Bunga Anggrek. Di Taman Tematik terdapat Anggrek langka yang sulit kita temukan di tempat lain. Selain Anggrek, ada juga bunga Bougenville, Kalanchoe dan bunga-bunga lainnya.
Pict: Merdeka.com
Kesejukan dan keindahan warna warni bunga di Taman Tematik akan membuat betah para pengunjung. Meskipun bikin nyaman, Taman Tematik punya peraturan yang harus kita patuhi. Pengunjung tidak diperbolehkan membawa binatang peliharaan dan juga makanan atau minuman ke dalam kawasan taman ini. Mungkin supaya kebersihan dan kerapihan taman tetap terjaga ya.

Menginap di Bandung, Pilih Hotel Mana?

Oiya, Gedung Sate yang hanya buka untuk pengunjung umum di akhir pekan saja. Jadi, jangan sampai salah pilih hari kunjungan ya. Kalau ke Bandung tentunya nggak cukup dong cuma ke satu obyek wisata. Biar makin asyik staycation-nya, sebaiknya menginap di hotel yang nyaman supaya bisa tidur nyenyak, sarapan enak dan kembali beraktifitas dengan hati gembira.

Kota besar seperti Bandung sudah pasti punya banyak pilihan akomodasi. Pilihan menginap di Bandung sangat variatif baik dari jenis maupun harganya. Hotel-hotel berbintang sudah tersedia hampir di setiap sudut kota. 

Lokasi menjadi pertimbangan saya ketika memilih hotel untuk staycation. Salah satu hotel yang memiliki akses dan lokasi strategis di Bandung adalah Hotel Santika. Lokasi menjadi poin utama yang sangat penting supaya bisa menghemat waktu ke destinasi-destinasi yang saya tuju. Hotel Santika juga cukup dekat dengan Bandung Indah Plaza dan outlet-outlet fashion menarik.

Tentang Hotel Santika  

Hotel bintang tiga ini berada di Jalan Sumatera Nomor 52-54, Bandung. Hotel Santika memiliki lingkungan yang sejuk, asri dan bersih sehingga membuat betah dan nyaman pengunjungnya. Tarif menginap di Hotel Santika gimana? Worth it, sebanding dengan kualitas layanan Santika.
Pict from Santika.com
Suasana dan tata letak di hotel ini akan membuat pengunjungnya merasa nyaman. Kamarnya cukup luas dan tentu sangat nyaman dengan design sederhana yang elegan. Nuansa sejuk sangat terasa karena sebagian besar kamar di Hotel Santika memiliki ventilasi yang cukup lebar dan langsung menghadap ke area taman yang hijau dan segar.
Pict from Traveloka
Resto hotel ini ada di Pandan Wangi Coffe Shop.  Menu makanannya sangat variatif dari masakan Eropa hingga masakan Cina. Tentu saja aneka masakan Indonesia juga tersedia. 

Kalau teman-teman mau mengintip rate hotel ini atau mau langsung pesan karena menmang sedang berencana ke Bandung, bisa melalui situs travel online seperti traveloka. Sambil duduk di rumah atau kantor, maka pemesanan kita langsung beres. 

Yuk ke Bandung akhir pekan ini, nikmati kesejukan kota yang penuh dengan nuansa Sunda yang oke punya. Happy (menjelang) weekend good people

You Might Also Like

22 comments

  1. Belum pernah ke gedung sate. Sekarang jadi tahu sedikit dari tulisan Nia hehehehe.

    ReplyDelete
    Replies
    1. Iya Li, biasanya pada numpang lewat doang ya :D

      Delete
  2. Jangan lupa minggu pagi menikmati pasar rakyat yang ada di lapangan gasibu, persis depan gedung sate sampai ke monumen perjuangan rakyat di dipatiukur. Walau jaraknya cukup jauh nggak akan terasa karena sepanjang jalan banyak pedagang baik kuliner, fashion, buku bekas, dan masih banyak lagi. Harga murmer khas pasar rakyat deh, siangnya bisa menikmati cuangki di cilaki yang endeuss *kabita*

    ReplyDelete
    Replies
    1. Hahahaa apa kata Mamtir saya mah IYES ajah. Kayaknya seru jalan pagi dari hitel ke Gasibu, biar liburannya sehat gitu ada jalan kakinya :D

      Delete
    2. Hotel - Gasibu - Monumen - Gasibu - Cilaki - Riau Street - Hotel

      Tubuh sehat dompet nggak sehat hahaha :p

      Delete
  3. Jalan jalan juga ke taman lalu lintas yaa... Adem nyesss hehehehe... Kapan bandung barengan?

    ReplyDelete
    Replies
    1. Banyak bener agenda (wacana) kite yee, atur aje Mam Aie, ane ngikuut :p

      Delete
  4. Mengunjungi Gedung Sate bisa keluarga/individual gak sih? Atau harus rombongan/institusi? Pgn nyoba deh ngajakin anak-anak masuk.

    ReplyDelete
    Replies
    1. Bisa Mba kalau weekend, cuma perlu lapor aja ama yg jaga :)

      Delete
  5. Gedung sate nya classic yah. Keren!

    ReplyDelete
  6. Banyak hotel2 baru di Bandung jd hotel lama macam Santika terabaikan hihihi

    ReplyDelete
    Replies
    1. Iya sih, tapi lokasinya bikin aku prefer pilih ini klo dinas, hihi

      Delete
  7. Lewat doaaaang.. Hahah.

    Eh tapi aku baru tau kalok hotel Santika bintang 3. Kirain bintang 4. Uda bagus banget soalnya.

    ReplyDelete
    Replies
    1. Iya dia jaga kualitas banget ya Beb makanya keren2, aku jg pernah liat yg Bintaro elegan bgt :D

      Delete
  8. bandung itu memang banyak wisatanya ya bejibun

    ReplyDelete
  9. Recently visit Bandung! love the city dan cafe2 cute dan kopi2nya...
    http://sepatuholig.blogspot.co...
    IG @grace_njio

    ReplyDelete
  10. Aku belum pernah masuk ke gedung sate *norak* *kudet*
    Taman tematiknya syantik yah~

    Makasih rekomendasinya Kakak, terutama komennya mamtir yang lengkap banget :D

    ReplyDelete
    Replies
    1. Hahaha Mamtir harusnya bikin post sendiri ya :D

      Delete
  11. tamannya begitu sangat indah dan nyaman sekali..

    ReplyDelete

Terima kasih sudah berkunjung, silakan tinggalkan komentar.
Love, Nia :)